Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melakukan Perawatan Jaringan Lokal Area Network (LAN)



Melakukan perawatan dalam jaringan itu penting agar tidak adanya kerusakan atau kendala dalam pengoprasiannya, dan melakukan perawatan pun tidak hanya itu, kita juga bisa menghemat biaya, untuk melakukan perawatan itu mungkin banyak dalam jaringan, dan juga haru rutin untuk menjalankan setiap bulan atau bisa juga setiap minggu. dan ini beberapa perawatan dalam jaringan Lokal Area Network (LAN).

1. Perawatan server

Komputer server merupakan komputer utama yang memberikan layanan kepada komputer client jadi server harus lebih diperhatikan dalam melakukan perawatan. Kita bisa melakukan perawatan atau hanya sekedar pengecekan setiap bulan sekali setiap minggu atau bisa dua hari sekali karena ugas server ini bekerja selama 24 jam nostop sehingga perlu perawatan khusus, bila perlu gunakan server backup atau server cadangan sehingga bila mana komputer server rusak masih ada server cadangan.

2. Perawatan komputer client

Perawatan komputerclient tidak terlalu diperhatikan tetapi bukan berati di abaikan saja, karena walaupun ada salah satu komputer client rusak atau tidak berfungsi maka tidak akan berpengaruh terhadap komputer client lainya, tidak seperti komuter server yang apabila komputer server mati maka semua komputer client tidak dapat menggunakan sumber daya yang ada.

Kita dapat melakukan perawatan komputer client secara berkala yang paling mudah adalah dengan melakukan scanning virus dan juga melakukan disk defragmenter dan sebagainya.

3. Perawatan kabel jaringan.

Perawatan pada kabel memang diperlukan namun tidak harus secara rutin kita hanya perlu memeriksa ketika trjadi masalah atau setidaknya sebulan sekali agar masalah dapat teratasi sebelum terjadi trouble.

4. Perawatan pada konektor RJ 45

Praatan pada konektor sama dengan melakukan perawatan pada kabel jaringan istilahnya ini satu paket jika kita mengecek kabelotomatis kita juga mengecek konektornya. Lalu bagaimana caranya??? Cara yang paling mudah dan efektif adalah dengan meggunakan lan tester dengan menggunakan lan tester kita dapat mengetahui semua kabel terpasang dengan baik dengan melihat pada nyala lampu di lantester, jika semua lampu yang berjumlah 8 menyala dengan urutan yang benar maka itu artinya kabel dan konektor dalam keadaan baik.

5. Perawatan hub/swich

Perawatan hub/swich memang sedikit harus diperhatikan karena hub/swich berperan penting dalam sebuah jaringan. Kita dapat melakukan perawatan dengan cara membersihkan debu-debu yang menempel pada hub/swich terutapa pada setiap port. Kerusakan pada hub/swich yang sering terjadi adalah ada beberapa port yang tidak berfungsi/mati bahkan yang lebih parah semua port sudah tidak berfungsi dan lampu indikator udah tidak menyala.

Itu dia sebuah artikel "  Melakukan Perawatan Jaringan Lokal Area Network (LAN)", semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi wawasan untuk para pembaca. Terima kasih sudah mampir jangan lupa kritik dan saran dengan berkomentar di bawah.


Posting Komentar untuk " Melakukan Perawatan Jaringan Lokal Area Network (LAN)"